Follow Now......!

Tuesday, 18 June 2013

TUTORIAL MEMBUAT WEBSITE

TUTORIAL MEMBUAT WEBSITE
Sebenarnya ada banyak cara membuat website,mulai dari membangun website itu mualia dari awal atu kita menggunakan cms.apa itu cms?Content Management System atau sering disebut dengan CMS adalah aplikasi web yang berisikan template untuk mengelola isi halaman web secara mudah atau singkatnya Sebuah system untuk mengatur / untuk memenejemen sebuah website. Penggunaan Content Management System tidak memerlukan pengetahuan pemrograman web yang handal karena proses instalasi dan cara penggunaannya sudah user friendly. CMS sendiri ada yang dibuat khusus menyesuaikan kasus yang ada dan biasanya berbayar dan ada yang berupa template instan yang fungsionalitasnya dibuat dengan menyeuaikan pada beberapa proses bisnis yang ada didunia nyata yang dapat digunakan secara gratis.
Kelebihan CMS :
  • Waktu pembuatan website cepat, karena tidak menulis kode dan merancang database.
  • Isi website bisa diubah oleh orang yang tidak menguasai pemrograman web (HTML, PHP, CSS, JS, dll).
  • Banyak CMS yang tersedia gratis dan open source.
  • Banyak tersedia ekstensi (modul, template, dll) untuk penambahan fitur dengan cepat.                         
kali ini saya akan membuat tutorial website dengan menggunakan CMS WORDPREES.adasatu langkah lagi anda harus ,menginstal xamp dulu sebagai local host.caranya sudah saya beritahu di pertemuan kemarin
langkah 1
I. MENGINSTALL WORDPRESS
Untuk menginstall Wordpress dapat seperti menginstall CMS lainya, yaitu dengan mengekstrak file zip Wordpress ke root www. Pada XAMPP root www ada di htdocs, tempat anda menginstall XAMPP seperti gambar 1.1



Gambar 1.1 Folder htdocs
Hasil extract jangan berupa folder tetapi semua isi dari zip Wordpress seperti pada gambar 1.2

Gambar 1.2 Isi File Zip Wordpress
Pastikan isi zip seperti gambar 1.2 ada dalam folder htdocs.
Kemudian anda aktifkan XAMPP seperti gambar 1.3 jika anda ingin menginstall service apache dan yang lainya pada windows service anda bisa mengklik gambar . Tetapi untuk anda tidak perlu memasang service pada windows jika hanya untuk simulasi localhost pada komputer anda jadi anda cukup klik pada start Apache dan MySQL

Gambar 1.3 XAMPP Control Panel
Kemudian anda bisa membuka browser dan ketikan localhost pada alamat browser anda. Maka akan tampil halaman untuk menginstall CMW Wordpress seperti pada gambar 1.4

Gambar 1.4 Tampilan Pertama Instalasi Wordpress
Pada langkah ini anda diminta untuk membuat wp-config.php yaitu segala informasi administrasi dalam menggunakan Wordpress, seperti username admin dan password serta username dan password database MySQL. Anda dapat membuat manual wp-config.php melalui tempat dimana anda menaruh file Wordpress pada kasus ini folder htdocs. Untuk membuat secara manual anda dapat melihat contohnya pada wp-config-sample.php. Tetapi anda dapat membuat wp-config.php dengan menggunakan web interface dengan mengklik “Create a Configure File”.

Gambar 1.5 Tampilan informasi wp-config.php
Setelah itu akan muncul gambar 1.5 kemudian anda klik “Let’s go!”. Maka selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar 1.6

Gambar 1.6 Tampilan mengisi informasi admin
Pastikan anda sebelumnya sudah membuat database untuk Wordpress di myphpadmin.Isikan kolom sesuai dengan data database yang telah anda buat sebelumnya.

Gambar 1.7 Install Wordpress
Maka setelah proses pengisian data tentang database tadi, maka akan muncul tampilan seperti berikut. Jika tidak muncul seperti ini maka ada kesalahan dalam pengisian informasi tentang database.
Setelah anda menjalankan proses instalasi maka akan muncul tampilan seperti gambar 1.8 dimana anda dipersilahkan mengisi informasi administrator. Harap ingat baik – baik username admin dan passwordnya karena dari hak akses admin anda dapat melakukan kustomisasi pada seluruh web yang akan dibuat. Jadi inilah inti dari CMS yaitu kita bisa mengedit sebuah web site dari jendela admin menggunakan web browser secara remote maupun local. Sehingga kita tidak perlu mengerti pemrograman web, bahkan orang awam pun dapat melakukannya.

Gambar 1.8 Tampilan Isi Informasi Administrator
Pada bagian privacy harap dibiarkan dicentang, karena kita bertujuan untuk membuat sebuah web e – commerce. Jadi dengan membiarkan search engine mengindekskan web kita, maka web kita akan lebih dikenal oleh mesin pencari sehingga orang mencari web kita akan lebih mudah. Dan kita akan semakin diuntungkan dengan banyaknya pengunjung.
Setelah selesai maka akan tampil seperti gambar 1.9. anda dipersilahkan untuk mengisi username admin dan password yang sebelumnya telah anda buat.

Gambar 1.9 Tampilan login Wordpress
Setelah anda memasukan username dan password admin maka akan muncul tampilan halaman management dari Wordpress seperti gambar 1.10. Inilah yang dimaksud dengan Content Management System (CMS) karena dari halaman ini anda dapat mengatur tampilan dan sistem dari web yang anda akan buat.

Gambar 1.10 Tampilan Admin Wordpress
II. MENGINSTALL PLUGINS WOOCOMMERCE
Setelah sebelumnya kita telah melakukan dan mensetting instalasi dari Wordpress maka selanjutnya jika kita akan membuat web online dengan menggunakan Wordpress kita harus menggunakan plugins yang bernama Woocommerce. Mengapa Woocommerce? Karena tentu saja Woocommerce merupakan plugins yang paling terkenal sebagai plugins untuk membuat sebuah web e – commerce. Karena terkenal maka banyak dukungan yang gratis maupun berbayar, tetapi justru karena itu kita bisa memanfaatkan yang gratisan dengan maksimal.
Untuk mendapatkan Woocommerce anda dapat langsung mendownload dari http://wordpress.org/extend/plugins/woocommerce/
Setelah itu anda akan mendapatkan hasil download berupa file dalam ekstensi atau format zip. Untuk menginstall ke dalam Wordpress adalah sebagai berikut, pilih plugins dan add new seperti pada gambar 2.1

Gambar 2.1 Menambah Plugins
Kemudian dari halaman untuk menambah plugins pilih upload seperti pada gambar 2.2 Tetapi jika anda terkoneksi dengan internet maka dari halaman ini anda dapat langsung menambah plugins.

Gambar 2.2 Halaman Menambah Plugins
Setelah anda memilih upload kemudian anda diminta memilih file Woocommerce yang tadi sudah didownload, namun jika muncul tampilan seperti gambar 2.3 setelah anda memilih file untuk di upload, maka hal yang anda harus lakukan adalah menonaktifkan terlebih dahulu XAMPP dengan men-stop Apache dan MySQL.

Gambar 2.3 Peringatan saat Upload Plugins
Hal ini dapat terjadi karena dalam setting XAMPP secara default upload dibatasi sekitar 3 MB saja sementara file plugins Woocommerce mencapai ukuran lebih dari 3 MB. Silahkan anda buka php.ini dari XAMPP seperti pada gambar 2.4.

Gambar 2.4 Mengedit Upload Max
Setelah men-stop apache dan MySQL kemudian klik config lalu php.ini. kemudian akan muncul notepad. Cari upload_max_filesize = ganti 3 MB menjadi 5 MB atau terserah anda yang penting di atas 3 MB sehingga plugins bisa di install. Jangan lupa setelah itu simpan, agar setting di simpan.

Gambar 2.5 Mengedit php.ini
Setelah itu ulangi upload dan install plugins. Kemudian setelah itu anda dapat mencari tema 
III.untuk masuk dasbornya tinggal klik url seperti gambar ini
GAMBAR 3.1
 kemudian isi dasbor seperti ini
GAMBAR 3.2
hasil web yang telah buat

GAMBAR 3.3
toko saya menjual produk-produk pertanian.karena toko on-line yang bergelut di bidang ini ,masih jarang
IV.untuk mengisi tampilan saya beri tutorial bentuk video karena kalau gambar terlalu banyak 
video
 






0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews